Sunday, 13 October 2019

BIOGRAFI KH. FUAD ABBAS PENGASUH PONPES AL BANNA


BIOGRAFI
KH. FUAD ABBAS
(pengasuh Ponpes Al Banna Paguyangan)

KH. Fuad Abbas, S.Pd.I Lahir di Brebes, 20 April 1960 Tepatnya di Dusun Karangasem RT 01/01 No. 14 Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, terlahir dari keluarga sederhana pasangan Bapak Abbas Ali Bin Soyan Bin Truna (Bantarmangu Paguyangan) dan Ibu Khulussiniyah (Sini) Bt Shodiqin Bin Sejan, (Karangasem Kedungoleng) Anak ke-2 dari 6 bersaudara (Fatonah, Fuad Abbas, Umi Salimah, Asif Awaludin, Aminudin, Irham Maulana). Pada tahun 1968 beliau mulai masuk pendidikan dasar di SD N Paguyangan 02 dan lulus tahun 1973, setelah lulus Sekolah Dasar beliau berhenti selama satu tahun dan menjadi penggembala kambing (angon wedus) dilanjutkan menempuh pendidikan Pondok Pesantren di Alhikmah Benda Sirampog masuk kelas i`dadiyah (kelas persiapan) selama 1 tahun tepatnya pada tanggal 1 Januari 1975 kemudian dilanjutkan Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun 1976 -1979 dilanjutkan Madrasah Aliyah (MA) 1979 – 1982. Setelah lulus Madrasah Aliyah beliau melanjutkan mondok kembali di Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah yang diasuh oleh Mbah Kyai Maemun Zubair tahun 1982-1984. Selanjutnya dari sarang Rembang beliau  langsung menuju Ponpes Benda kerep Cirebon Jawa Barat (KH. Mas`ud dan KH. Hasan Ma`ruf ) tanpa pulang ke rumah pada bulan Rajab sampai dengan bulan Ramadhan dan dari cirebon beliau langsung pulang ke Pondok Pesantren Alhikmah benda Sirampog  menuju ndalem abah Kyai Masruri Abdul Mughni sampai dengan lebaran  dan beliau disuruh menempati kamar depan ndalem Abah Kyai.
pada tanggal 9 Syawwal atau bertepatan dengan tanggal .... beliau mendapat mandat dari abah Kyai Masruri Abdul Mughni untuk mengajar putra-putri beliau yaitu : Ning Zakiyah, Ning Zulfa, Gus Rofi, Gus Nidhom dan gus Itmam.  Pada waktu yang bersaamaan beliau juga ikut mengaji kitab ikhya ulumuddin bersama dengan KH. Aminudin (sekarang Pengasuh Ponpes Darunnajat Pruwatan)
Pada Bulan Juli tahun 1984 beliau diberi kepercayaan untuk mengajar di MTs Alhikmah Benda Sirampog mengampu Mata pelajaran Nahwu Ajjurumiyah dan Fiqh dengan jumlah jam mengajar sebanyak 20 jam dengan honor pertama yang diterima Rp. 10.000 ( beliau dibayar setengahnya dari besaran gaji pada umumnya kala itu senilai RP. 1000/jam) kemudaian dibulan ke-2 beliau mendapatkan gaji 24.000 karena mendapat kepercayaan baru menjadi wali kelas 1 E.

Bersambung

Reactions:

0 comments: