Sunday, 27 October 2019

RESEP AYAM GORENG TEPUNG GURIH DAN NIKMAT

ayam goreng tepung

Bagi anda yang suka dengan kuliner ayam, berikut saya bagikan resep ayam goreng tepung yang maknyus dan gurihnya bikin ketagihan, maknyus dan bikin ketagihan itu kuncinya tergantung pada keterampilan tangan anda loh...terus kalo saya tidak bisa masak gimana? nanti malah jadinya gak karuan rasanya. tenang saja saya tau kuncinya kok, apa tuh kuncinya? kuncinya ada pada anda sendiri, YAKIN dan PERCAYA DIRI Insyaaloh berhasil. gak percaya juga?? coba buktikan saja! yuk simak saja resep dan proses pembuatan Ayam Goreng Tepung so pasti bikin ngiler..


AYAM GORENG TEPUNG

Bahan Utama
1. 1 kg ayam potong-potong bisa dipilih sesuai selera (paha atau dada)
2. 1 kg tepung terigu (bagi dua bagian, adonan kering dan basah)
3.    air matang secukupnya
4. 1,5 kg Minyak goreng (lebih banyak minyak hasilnya lebih crispy)

Bumbu Marinasi Ayam
1. 3 siung bawang putih
2. 1 sdt garam
3. 1/2 sdt penyedap rasa

Bumbu yang dihaluskan
1. 1 sdm garam
2. 1 sdt lada bubuk
3. 1 sdt ketumbar
4. 1 sdt garlic powder
5. 1 sdt baking powder

Langkah-langkahnya

1. Pertama haluskan bawang putih dan garam
2. Potong ayam menjadi beberapa bagian lalu lumuri bumbu bawang putih dan garam yang telah            dihaluskan tadi.
3. Biarkan selama kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap.
4. Selagi menunggu bumbu marinasi meresap, buat :
       • adonan kering: siapkan terigu dan beri bumbu halus berupa garam, lada, ketumbar, garlic,                    baking powder dan aduk2 sampai rata. Kemudian
       • adonan basah: ambil 3 sendok makan tepung yg sudah dibumbui ke dalam wadah beri 10                    s.d 13 sdm air matang. Aduk2 sampai kental
5. Setelah pembuatan adonan basah dan kering selesai siapkan perapian dan wajan, tuangkan                  minyak dalam wajan, saran saya gunakan minyak yang banyak agar hasilnya crispy.
6. Ambil potongan ayam satu persatu dan masukkan ke adonan kering sampai tertutup sempurna            hentakkan, lalu gulingkan ke adonan yang basah kemudian angkat dan gulingkan lagi ke dalam          adonan kering
7. Setelah minyak mendidih masukan satu persatu ayam ke dalam penggorenagn aduk perlahan              hingga warna menjadi kuning kecoklatan, angkat dan sajikan bersama dengan sambal saus pedas.
    Itulah sekilas berbagi pengalaman tentang resep ayam goreng tepung, semoga bermanfaat


SELAMAT MENCOBA

Saturday, 26 October 2019

CERPEN SINGKAT



Ketika mengingat peristiwa ini saya kadang selalu nyengir-nyengir sendiri. Kok bisa yah.. kejadian unik itu terjadi.. kejadian apa sih?? penasaran yah ...agar cerita itu teringat sampai anak cucuku nanti saya coba tuangkan dalam sebuah cerpen singkat yang lucu. semoga ini bisa menghilangkah sedikit kesedihanmu...cie cie... udah dech gak usah bertele-tele kalo mau cerita-cerita aja ga usah banyak cingcong...apalagi pake lama ..yuk simak saja ceritanya dengan judul ....

TUKANG OJEK PENUMPANGE KERI

Pada suatu hari ada seorang ibu-ibu sebut saja  namanya Jannah ingin pergi ke pasar. Ia menunggu sedang duduk diatas batu menunggu tukang ojek di pinggir jalan sambil menenteng krendeng belanja untuk wadah minyak, bawang, cabe, terasi dan lain-lain nanti saat pulang dari pasar. Waktu itu sekitar tahun 1995an jadi angkutan yang ada di desa saya baru ada ojek saja itupun masih jarang sekali. (Maklum desaku kan pelosok bingits listrik saja baru masuk tahun 1996) Setelah sekian lama menunggu datanglah dari arah barat tukang ojek dengan kuda besinya (kalo ga salah motornya TRS) dan yu Jannahpun melambaikan tangannya sebagai tanda menyuruh berhenti. Sruuuttt...berhentilah tukang ojek itu dan langsung bertanya “ Ngetan apa yu?” “iya man” jawab yu Jannah dengan nada berbunga-bunga karena yang ditunggu akhirnya datang juga, tanpa pikir panjang tukang ojek itu langsung menyetater motornya dan wreng-wreng-wreng-wreng (tanda gas di tarik) dan mempersilakan yu Jannah untuk naik, belum sempat yu jannah naik tanpa menengok kebelakang paman ojek sudah tanjab gas (wreeengggggggggg motor melaju dengan gagahnya di atas jalan berbatu) dan yu Jannah berteriak-teriak...man...man... aku ketinggalan...man... man...aku ketinggalan (Paman ojek saya ketinggalan) tetapi paman ojek terus melaju tidak mendengar teriakan yu jannah dan terus menancap gas motornya dengan gagah berani.
Sekitar 5 menitan berlalu sampailah tukang  ojek di tikungan kedungbanteng dan bertanya kepada Yu Jannah  “pan borong daging apa yu kayog kadingaren maring pasar?” (mau borong daging bu? tumben ke pasar?) tidak ada jawaban dari yang ditanya kemudian paman ojek menoleh kebelakang “loh...!! yu jannah rigel ning ndi?” (wah!! Bu Jannah jatuh dimana?) tanpa pikir panjang paman ojek balik kanan dan menuju tempat tadi bertemu yu Jannah. Dalam perjalanan dia bertanya-tanya sendiri “ apa yu Jannah tiba? apa miki durung numpak terus akune wis jalan yah?? Muga-muga yu jannah nesih ning nggon miki” (Apa Bu Jannah jatuh? atau belum naik tapi saya sudah jalan duluan yah? semoga bu jannah masih di tempat yang tadi) ternyata betul apa yang difikirkan oleh paman ojek selama dalam perjalanan tadi, ternyata Yu Jannah sedang duduk menunggu dan keningnya berkerut saat melihat paman ojek datang. Dan dengan nada bersalah Paman Ojekpun berkata “ Ngampurane yu..ujarku miki rika wis numpak, terus pas ditakoni ning tikungan kedungbanteng deneng ora dijawab, aku nglinguk mburi lah! deneng langka wong, aku nembe sadar ternyata sing kene anjog kedungbanteng aku ora nggawa penumpang, penumpange keri”(saya minta maaf bu..saya kira anda tadi sudah naik, terus pas sampai di tikungan kedungbanteng saya tanyain, kok tidak dijawab, terus saya tengok kebelakang loh! kok tidak ada penumpang, saya baru sadar ternyata dari sini sampai kedungbanteng saya tidak membawa penumpang, penumpangnya ketinggalan). Kemudian dengan nada ketus Yu Jannah berkata “ rikane bae di celuki kosih rosa nemen ya ora krungu!, ya wis yuh wis awan koh mangkat!.” (Kamunya saja dipanggilin sampai keras sekali ga dengar, ya sudah, sudah siang yuk berangkat) 
Akhirnya berangkatlah Yu Jannah dengan Paman Ojek ke Pasar dengan membawa cerita lucu.
Ini cerpen singkat aku...mana cerpen singkat kamu??   

Friday, 25 October 2019

CONTOH PROPOSAL PERMOHONAN DANA



Berikut kami bagikan file contoh proposal permohonan dana untuk rehab ruang kelas di sekolah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, file ini hanya sekedar contoh saja, anda boleh merubah atau mengedit sesuai dengan kebutuhan sekolah anda, silakan dikoreksi dari gramatika penulisan maupun bahasa yang digunakan, barangkali ada yang tidak sesuai dengan pengetahuan yang anda miliki, anda boleh merubahnya. untuk download contoh proposal permohonan dana klik di sini

Thursday, 24 October 2019

FORMASI PNS 2019 KABUPATEN BANYUMAS



Berikut kami post formasi PENETAPAN KEBUTUHAN PEGAWAI NEGERI SIPIL.
untuk formasi PNS 2019 Kabupaten Banyumas bisa anda unduh di sini  dan untuk wilayah tegal silakan skrol ke bawah


Wednesday, 23 October 2019

POJOK SEMPIT GURU




Gu-Ru (diGUgu lan ditiRU) Buka (WaGU dan SaRU) 

sekilas dari pojok sempit guru | Sepintas Seorang guru berpenampilan rapi berdasi dan bersepatu menaiki sepeda motornya.
sekilas pandang orang yang melihat bergumam " Enak yah jadi guru mah, berangkat pagi pulang siang, liburan sekolah juga ikut libur tapi gaji tetap keluar"  hemst... hahaha...mereka yang sekedar melihat sepintas tidak salah mengatakan demikian, tapi tidak untuk saya dan jutaan tenaga wiyata bakti lainnya. dari penampilan menarik tersebut di atas bukan sebuah indikator bahwa  isi kantongnya juga tebal, justru kantong kami kering layaknya musim kemarau di tahun ini 2019 yang tak kunjung usai, bicara tentang materi saya sarankan jangan menjadi guru,hehehe. karena menjadi guru nanti anak istri anda akan dikasih makan kapur??, hahaha..mending jadi tukang macul atau kuli bangunan yang sudah jelas bisa dihitung penghasilannya kalo sehari 80rb dihitung saja sebulan berapa. sedangkan guru? punya 8 jam mengajar kali 20rb berapa?  seratus enam puluh ribu bro... duit segitu mana cukup buat biaya hidup?? beli beras, lauk, bensin, sabun, odol , sikat gigi belum lagi kopi dan r***k (umumnya laki-laki biasanya begitu) terus peralatan lainnya.. ga nutup sama sekali sama kebutuhan kita bro!!  
Stop!! Stop!! Stop!! jangan berfikir terlalu kerdil bro, pekerjaan guru adalah pekerjaan yang mulia, jangan orientasikan profesi guru hanya dengan material atau money oriented (itu menurut saya sih, tidak memaksa pemikiran anda harus sama dengan apa yang saya pikir, anda bebas mendefinisikannya) karena menurut saya itu akan mengurangi keberkahan rizqi yang kita terima. nyatanya mayoritas guru honorer di Indonesia mampu menghidupi diri dan keluarganya dari honor yang tidak seberapa. kuncinya apa?
kemudian kenyataanya fakultas pendidikan overload oleh pendaftar ini memberikan gambaran kepada kita bahwasanya banyak warga negara indonesia yang ingin menjadi guru, walopun honor seorang guru honorer tidak menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga. namun tidak sedikit pula sih diantara guru yang mengandalkan honornya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.. lantas apa yang harus kita lakukan?
pada suatu saat (kalo tidak salah pasca Mbah Kyai Maimun Zubair wafat) pojok sempit guru mendapat kiriman WA yang berisi pengendika (Ucapan/ Wejangan) beliau kurang lebihnya "Kalo kamu jadi guru atau dosen kamu harus memilki pekerjaan sampingan agar hidupmu tenang dan rizkimu barokah" (kalo ada yang salah mohon dikoreksi) menurut saya makna kalimat tersebut sangat dalam, artinya apa, apabila kita memilih profesi sebagai seorang guru atau dosen maka kita harus memiliki pekerjaan sampingan, pekerjaan sampingan itu banyak sekali macamnya (nguli, dagang, jualan online, bisnis online, ojol, dll) hal ini dimaksudkan apabila honor yang kita terima dari profesi guru tidak mencukupi atau bahkan 2-3 bulan BOS belum cair (otomatis guru honorer seperti saya kan ga dapet gaji, ##pengalaman pribadi.com) bisa dicukupi oleh penghasilan dari pekerjaan sampingan tersebut. Memang betul adanya yang ditulis oleh mbah Yai Maimun bahwasanya rizqi itu akan datang dari berbagai penjuru, bukan hanya dari profesi guru saja syaratnya adalah Iklhlas dan Bersyukur Insyaalloh Alloh akan menambahkannya yang lebih banyak lagi. Oleh karena itu pesan " pojok sempit guru " kepada semua teman guru honorer Indonesia mari kita belajar ikhlas mengerjakan tugas dan kewajiban kita sebagai guru dan belajar bersyukur dengan apa yang kita dapatkan saat ini, insyaalloh dengan bermodal ikhlas dan bersyukur Alloh akan memberikan yang lebih dari yang kita harapkan.
Semoga dapat menjadi renungan kita saat ini dan mendatang. ## pojok sempit guru

MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2



berikut adalah daftar menteri kabinet jokowi jilid 2.
Nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024:

1. Menko Polhukam: Mahfud Md
2. Menko Perekonomian: Airlangga Hartarto
3. Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B Pandjaitan
4. Menko PMK: Muhadjir Effendy
5. Mensesneg: Pratikno
6. Mendagri: Jenderal Tito Karnavian
7. Menlu: Retno LP Marsudi
8. Menhan: Prabowo Subianto
9. Menkum HAM: Yasonna Laoly
10. Menkeu: Sri Mulyani
11. Menteri ESDM: Arifin Tasrif
12. Menperin: Agus Gumiwang Kartasasmita
13. Mendag: Agus Suparmanto
14. Mentan: Syahrul Yasin Limpo
15. Menteri KLHK: Siti Nurbaya Bakar
16. Menhub: Budi Karya Sumadi
17. Menteri KKP: Edhy Prabowo
18. Menaker: Ida Fauziyah
19. Mendes PDTT: Abdul Halim Iskandar
20. Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono
21. Menkes: dr Terawan
22. Mendikbud: Nadiem Makarim
23. Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional: Bambang Brodjonegoro
24. Mensos: Juliari Batubara
25. Menteri Agama: Jenderal (Purn) Fachrul Razi
26. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama
27. Menkominfo: Johnny G Plate
28. Menkop UKM: Teten Masduki
29. Menteri PPPA: Gusti Ayu Bintang Darmavati
30. MenPAN-RB: Tjahjo Kumolo
31. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Suharso Monoarfa
32. Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil
33. Menteri BUMN: Erick Thohir
34. Menpora: Zainudin Amali

Jaksa Agung: ST Burhanuddin
Sekretaris Kabinet: Pramono Anung
Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko
Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia


POJOK SEMPIT GURU : ADMINISTRASI WALI KELAS LENGKAP DOC

POJOK SEMPIT GURU : ADMINISTRASI WALI KELAS LENGKAP DOC: Bagi guru yang memiliki tugas tambahan sebagai wali kelas tentunya memerlukan administrasi yang berkaitan dengan kelas yang dibinanya s...

Friday, 18 October 2019

SEGERA LAKUKAN INI KALO TIDAK INGIN MENYESAL PEMBERSIHAN DATA DAPODIK / CLEANSING DAPODIK



PEMBERSIHAN (CLEANSING) DATA DAPODIKDASMEN

Info penting untuk operator sekolah tentang Pembersihan (Cleansing) data Dapodikdasmen silakan kunjungi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/pembersihan-cleansing-data-dapodikdasmen agar data kita benar-benar valid dan akurat. Karena akurasi data sekolah bergantung pada kita sebagai OPS

JANGAN ABAIKAN! ANDA AKAN RUGI! RENUNGAN HIDUP MANUSIA





TIDAK SEMPAT MEMBACA? ANDA ADALAH ORANG YANG RUGI
RENUNGAN UNTUK KITA SEBAGAI MANUSIA MAHLUK YANG PALING MULIA
Sebuah BOTOL
-       Kalau diisi air mineral, harganya 3 ribuan
-       Kalau diisi jus buah, hargan ya 10 ribuan
-       Kalau diisi Madu, harganya ratusan ribu
-       Kalau diisi minyak wangi harganya bisa jutaan
-       Kalau diisi air comberan, hanya akan dibuang dalam tong sampah karena tidak berguna.

Sama-sama dikemas dalam BOTOL tetapi berbeda nilainya, sebab "ISI" yang ada di dalamnyalah yang membedakan sebuah nilai sebuah botol. Begitu juga dengan kita..  semua sama... semua manusia... Yang membedakan diatara satu dengan yang lainnya  adalah KARAKTER yg ada di dalam tiap diri pribadi. Ilmu dan pemahaman yg benar akan membangun karakter yg kuat.

"Sukses tidak diukur dari posisi yg kita capai, tapi dari kesulitan-kesulitan yg berhasil kita atasi ketika berusaha meraih sukses"
Bila kita mengisi hati dengan penyesalan masa lalu dan kekhawatiran masa yang akan datang, hampir pasti kita tidak akan memiliki hari ini untuk kita syukuri.

Hujan dan badai akan selalu kita temui dalam perjalanan hidup ini, namun..."Hujan besar itu seperti tantangan hidup. Tidak perlu berdoa memohon hujan berhenti, tetapi cukup berdoa agar Payung kita bertambah kuat sehingga tidak bocor terkena air hujan"
Ingat! Umur laksana batu es dipakai atau tidak dipakai akan tetap mencair... digunakan atau tidak digunakan umur kita tetap akan berkurang dari "JATAH" yg telah ditetapkan oleh yang maha kuasa.
"Selagi masih tersisa jatah usia kita, lakukanlah KEBAIKAN sebanyak yg kita mampu lakukan."

Ada TIGA hal dalam  kehidupan yang tidak bisa kembali:
Waktu, Ucapan dan Kesempatan
Jagalah itu, jangan sampai kau menyesal karenanya...


Ada TIGA hal yang dapat menghancurkan hidup seseorang:
Amarah, Keangkuhan dan Dendam
Hindarilah ia selalu


Ada TIGA  hal yang tidak boleh hilang :
Harapan, Keikhlasan dan Kejujuran
Peliharalah ketiganya


Ada TIGA hal yang paling berharga :
Kasih Sayang, Cinta dan Kebaikan
Pupuklah itu semua


Ada TIGA hal dalam hidup yang tidak pernah pasti:
Kekayaan, Kejayaan dan Mimpi
Jangan terobsesi karenanya.


Ada TIGA hal yang dapat membentuk watak seseorang :
Komitmen, Ketulusan dan Kerja Keras
Upayakanlah sekuatnya


Ada TIGA hal yang membuat kita sukses :
Tekad, Kemauan dan Fokus
Usahakan dengan sungguh-sungguh


Ada TIGA hal yang tidak pernah kita tahu :
Rejeki, Umur dan Jodoh
Mintalah pada TUHAN..

TAPI, ada TIGA  hal dalam hidup kita yang sudah PASTI :
Pasti Tua, Pasti Sakit dan Pasti Kematian

Mari kita renungkan, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca
by:irhamniabiarkaan15


INFO GTK KEMENDIKBUD

Pengecekan info GTK sebenarnya bukan merupakan tanggung jawab operator sekolah, karena secara normatif itu merupakan kepentingan individu guru, seyogyanya tiap guru wajib secara mandiri masuk ke layanan info GTK dan mengecek Validasi data Pribadi khususnya validasi tunjangan priofesi. namun kenyataan dilapangan tidak demikian banyak guru yang masih belum faham akan hal itu. justru mereka menyerahkan sepenuhnya kepada operator. Apalagi saat ini server dari layanan info GTK KEMENDIKBUD selalu padat dan mengakibatkan server down sehingga banyak guru yang kesulitan masuk ke websitenya. Bagi anda operator sekolah atau guru yang dimintai bantuan untuk membuka info gtk namun kesulitan masuk, saya bagikan tips di bawah ini. Semoga dapat mempermudah dan memperlancar pekerjaan anda
Buka info gtk lewat management.. Tanpa lewat akun gtk tapi akun ops
1. Buka https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ kemudian login ops

2. Klik tab Guru dan Tendik

3. Setelah muncul daftar guru dan tendik, geser ke kanan, 
4. Klik tombol hijau, nanti muncul data identitas individu gtk, geser kebawah

5. ada tombol info gtk warna hijau, langsung diklik

6.  muncul jendela baru info gtk guru tersebut

7. Klik kanan cetak pdf atau Ctrl + P save as pdf

semoga bermanfaat buat teman-teman OPS semua diseluruh Indonesia

Thursday, 17 October 2019

DRAFF CONTOH ADMINISTRASI KEPALA SEKOLAH TK/SD/SMP/SMA/MA/SMK



Kepala Sekolah/ Madrasah merupakan ujung tombak yang bertanggungjawab dalam pengelolaan pendidikan dan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu Pendidikan Nasional. Hal tersebut sesuai dengan amanat UUD 1945, UU nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan 8 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional yang berisi tentang Standar Nasional Pendidikan.
Di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 di jelaskan bahwa, Kepala Sekolah/Madrasah harus memiliki lima standar kompetensi yaitu Kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervise, dan sosial. Kepala Sekolah/Madrasah yang memiliki lima standar  kompetensi  mampu secara optimal merencanakan, merancang, memprogramkan, melaksanakan, dan mengevaluasi, serta mengadakan tindak lanjut untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pengelolaan pendidikan yang telah dilaksanakannya. Pengelolaan pendidikan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah/Madrasah harus didukung oleh kelengkapan berbagai jenis administrasi kepala sekolah dan macam-macam administrasi pendidikan yang tertib dan teratur untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan Sekolah/Madrasah.
Tetapi kenyataan dilapangan adalah sebaliknya dari yang diharapkan di atas, beberapa tahun belakangan ini setelah diadakan penilaian akreditasi sekolah dan penilaian kinerja kepala Sekolah/Madrasah dan pemerintah memperoleh hasil penilaian sangat memperihatinkan khususnya hasil penilaian administrasi Kepala Sekolah/Madrasah. Lebih dari 50 persen Kepala Sekolah/Madrasah memiliki administrasi kepala sekolah tetapi tergolong kurang memahami dan kurang lengkap. Hal tersebut sudah merupakan rahasia umum dan terjadi diseluruh wilayah indonesia yang dapat dibuktikan secara langsung ke sekolah-sekolah atau Madrasah.
Oleh karena itu kami bagikan beberapa file yang dapat anda unduh secara gratis di web ini sebagai panduan atau pedoman pembuatan administrasi di sekolah anda dan sebagai sarana menambah wawasan Kepala Sekolah/Madrasah untuk memahami dan membuat administrasi kepala Sekolah/Madrasah sesuai macam dan jenis yang dibutuhkan dalam penyelenggaran dan pengelolaan sekolah/ madrasah.

  1. Administrasi Kepala Sekolah Pemetaan Kondisi dan Harapan Sekolah/ Madrasah MS Exel klik di sini
  2. Administrasi kepala sekolah Kesenjangan dan alternatif pemecahan Masalah MS Exel klik di sini
  3. Administrasi kepala sekolah Skala Prioritas  MS Exel klik di sini
  4. Administrasi kepala sekolah Jadwal Kegiatan Sekolah MS Exel klik di sini
  5. Administrasi kepala sekolah Pemetaan Kondisi dan Harapan Sekolah MS Exel klik di sini
  6. Administrasi kepala sekolah RKAS MS Exel klik di sini
  7. Administrasi kepala sekolah Jadwal Upacara Bendera MS Exel klik di sini
  8. Administrasi kepala sekolah Contoh Buku Tamu Khusus MS Exel 
  9. Administrasi kepala sekolah Contoh Prota MS Exel download di sini
  10. Administrasi kepala sekolah Contoh Jadwal Piket Sekolah MS Exel klik di sini
  11. Administrasi kepala sekolah Contoh Agenda Kepala Sekolah MS Exel klik di sini
  12. Administrasi kepala sekolah contoh Program Kegiat Pesantren Kilat MS Exel klik di sini
untuk file lainnya nunggu post berikutnya  yah..


PENGERTIAN AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH

yang membutuhkan silakan download di sini

MAKALAH AHLI SUNAH WALJAMAAH ASWAJA

download gratis firqah ahlisunah waljamah di sini 

Tuesday, 15 October 2019

OBYEK WISATA

Surat Dispensasi masuk tempat wisata atau obyek wisata banyak dicari oleh sekolah yang bertujuan untuk mendapatkan keringanan atau potongan harga tiket masuk dilokawisata. Dengan adanya surat tersebut berharap pihak pengelola dapat memberikan keringanan lebih kepada pengunjung. kalo anda orangnya yang sedang mencari surat tersebut inilah tempatnya...silakan download filenya di sini

SK KEPALA SEKOLAH


Sebagai seorang manager atau pemimpin di sekolah (kepala sekolah/ Kepala Madrasah) surat keputusan atau sk merupakan hal yang penting, sebagai legalitas dan sahnya sebuah jabatan atau kewajiban dalam sebuah lembaga yang dikelola.  karena surat keputusan nantinya bisa menuntun maju atau tidaknya sebuah organisasi atau lembaga yang ada di dalamnya.
Pada postingan sebelumnya sudah saya bagikan surat keputusan pembagian tugas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar, mestinya tiap sekolah sudah memiliki filenya masing-masing namun tidak ada salahnya sebagai referensi saya upload juga file yang saya miliki. Kali ini saya bagikan contoh file Surat Keputusan kepala sekolah tentang pengangkatan Bendahara BOS dan surat Keputusan Kepala Skolah tentang Beasiswa siswa berprestasi
Untuk filenya bisa anda unduh gratis di  
1. SK Kepala Sekolah tentang Beasiswa download file  
2. SK Kepala Sekolah tentang Pengangkatan Bendahara BOS 
terimakasih semoga  bermanfaat

Sunday, 13 October 2019

BIOGRAFI KH. FUAD ABBAS PENGASUH PONPES AL BANNA


BIOGRAFI
KH. FUAD ABBAS
(pengasuh Ponpes Al Banna Paguyangan)

KH. Fuad Abbas, S.Pd.I Lahir di Brebes, 20 April 1960 Tepatnya di Dusun Karangasem RT 01/01 No. 14 Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, terlahir dari keluarga sederhana pasangan Bapak Abbas Ali Bin Soyan Bin Truna (Bantarmangu Paguyangan) dan Ibu Khulussiniyah (Sini) Bt Shodiqin Bin Sejan, (Karangasem Kedungoleng) Anak ke-2 dari 6 bersaudara (Fatonah, Fuad Abbas, Umi Salimah, Asif Awaludin, Aminudin, Irham Maulana). Pada tahun 1968 beliau mulai masuk pendidikan dasar di SD N Paguyangan 02 dan lulus tahun 1973, setelah lulus Sekolah Dasar beliau berhenti selama satu tahun dan menjadi penggembala kambing (angon wedus) dilanjutkan menempuh pendidikan Pondok Pesantren di Alhikmah Benda Sirampog masuk kelas i`dadiyah (kelas persiapan) selama 1 tahun tepatnya pada tanggal 1 Januari 1975 kemudian dilanjutkan Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun 1976 -1979 dilanjutkan Madrasah Aliyah (MA) 1979 – 1982. Setelah lulus Madrasah Aliyah beliau melanjutkan mondok kembali di Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah yang diasuh oleh Mbah Kyai Maemun Zubair tahun 1982-1984. Selanjutnya dari sarang Rembang beliau  langsung menuju Ponpes Benda kerep Cirebon Jawa Barat (KH. Mas`ud dan KH. Hasan Ma`ruf ) tanpa pulang ke rumah pada bulan Rajab sampai dengan bulan Ramadhan dan dari cirebon beliau langsung pulang ke Pondok Pesantren Alhikmah benda Sirampog  menuju ndalem abah Kyai Masruri Abdul Mughni sampai dengan lebaran  dan beliau disuruh menempati kamar depan ndalem Abah Kyai.
pada tanggal 9 Syawwal atau bertepatan dengan tanggal .... beliau mendapat mandat dari abah Kyai Masruri Abdul Mughni untuk mengajar putra-putri beliau yaitu : Ning Zakiyah, Ning Zulfa, Gus Rofi, Gus Nidhom dan gus Itmam.  Pada waktu yang bersaamaan beliau juga ikut mengaji kitab ikhya ulumuddin bersama dengan KH. Aminudin (sekarang Pengasuh Ponpes Darunnajat Pruwatan)
Pada Bulan Juli tahun 1984 beliau diberi kepercayaan untuk mengajar di MTs Alhikmah Benda Sirampog mengampu Mata pelajaran Nahwu Ajjurumiyah dan Fiqh dengan jumlah jam mengajar sebanyak 20 jam dengan honor pertama yang diterima Rp. 10.000 ( beliau dibayar setengahnya dari besaran gaji pada umumnya kala itu senilai RP. 1000/jam) kemudaian dibulan ke-2 beliau mendapatkan gaji 24.000 karena mendapat kepercayaan baru menjadi wali kelas 1 E.

Bersambung

Wednesday, 9 October 2019

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH DOC


Surat perjanjian jual beli tanah doc sangatlah penting untuk dibuat saat kita melakukan transaksi jual beli tanah baik jual beli tanah yang dilakukan dengan keluarga sendiri ataupun dengan orang lain. surat perjanjian ini tidak terbatas pada surat perjanjian jual beli tanah sawah atupun darat saja. 
surat perjanjian jual beli tanah merupakan dokumen yang penting yang harus dibuat agar kelak dikemudian hari tidak terjadi sengketa. kalopun terjadi sengketa dikemudian hari surat perjanjian jual beli tanah dapat digunakan sebagai bukti dokumen yang kuat dan sah dengan catatan kedua belah pihak menandatanganinya di atas materai dan adanya 2 orang saksi. 
Bagi yang membutuhkan silakan Download gratis surat perjanjian Jual Beli Tanah, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. silakan klik untuk mendownload filenya di sini

Tuesday, 8 October 2019

PROPOSAL KEGIATAN KEAGAMAAN ISLAM DOC

bakti sosial Sosial Keagamaan atau BSK biasanya dilaksanakan oleh lembaga pendidikan Madrasah Aliyah karena Madrasah Aliyah merupakan Pendidikan tingkat menengah setara SMA/SMK yang melaksanakan proses pembelajarannya lebih menitik beratkan pada materi keagmaan sebagai bekal siswanya agar kelak dapat berkiprah di masyarakat secara mandiri. bagi anda yang membutuhkan proposal kegiatan keagamaan islam doc silakan  download gratis di mari yah... silakan manfaatkan dengan baik,, kalo mau diedit silakan sesuikan dengan kebutuhan sekolah anda.
semoga bermanfaat

TUGAS TATA USAHA SEKOAH


Ideal setiap lembaga pendidikan memiliki staf Tata Usaha atau TU, yang memiliki tugas seabreg didalam kantor mulai dari pembuatan, pengelolaan dan pengadministrasian segala keperluan sekolah, tanpa adanya Bagian tata usaha sekolah akan amburadul dan menjadi kurang tertata kalo guru yang mengajar kurang memperhatikan administrasi yang dibutuhkan di sekolah, wajar saja itu terjadi karena tugas dari guru adalah mendidik dan mengajar. karena merasa bukan kewajibannya tentu mengakibatkan rendahnya tanggungjawab. oleh karena itu pada tiap lembaga wajib memiliki tenaga Tata Usaha yang bisa diberdayakan untuk mengelola pengadministrasian dan keperluan lain sebagai pendukung kegiatan didalam maupun diluar keperluan pembelajaran. bagi anda yang membutuhkan contoh dokumen Tugas Tata Usaha Sekolah silakan download saja filenya disini. gratis loh yahh...
semoga bermanfaat

SK KEPALA SEKOLAH PEMBAGIAN TUGAS GURU



Dalam rangka memperlancar proses kegiatan belajar mengaja di sekolah seorang kepala sekolah harus membuat keputusan pembagian tugas yang tertuang dalam SK Kepala Sekolah pembagian Tugas Guru guna memberikan rambu-rambu yang dapat menjadi pedoman pelaksanaan tugas tiap-tiap guru.
untuk mempermudah pekerjaan anda silakan Download Gratis SK Pembagian Tugar Mengajar Guru terbaru 2019/2020 SMP/MTs, SMA/SMK/MA yang sudah disesuaikan dengan peraturan perundangan terupdate. surat keputusan kepala sekolah tentang pembagian tugas guru ini bisa diedit sesuai dengan kebutuhan sekolah anda.
bagi yang membutuhkan silakan download saja filenya di sini. Semoga bermanfaat.
terimakasih atas kunjungan anda jangan lupa tinggalkan komentar


Monday, 7 October 2019

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA SEKOLAH/MADRASAH DENGAN PUSKESMAS


surat perjanjian kerjasama sekolah/madrasah dengan puskesmas
surat perjanjian kerjasama sekolah/madrasah dengan puskesmas

Sebuah lembaga pendidikan dalam penyelenggrannya tidak bisa lepas dari lembaga lain di luar lembaganya yang mendukung. pada umumnya lembaga pendidikan akan mengadakan kerjasama dengan lembaga lain dalam rangka mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan serta pelayanan pendidikan bagi peserta didiknya. yang lazim kita temui dilapangan sekolah mengadakan kerjasama dengan puskesmas, polsek, koramil atau lembaga lain. sebagai bukti bahwa sekolah mengadakan kerjasama dengan lembaga lain maka dibuatlah  surat perjanjian kerjasama sekolah/madrasah dengan puskesmas yang menunjukan bahwa sekolah tersebut mengadakan kerjasama dibidang kesehatan dengan pihak puskesmas atau surat perjanjian kerjasama sekolah dengan desa yang menunjukan bahwa sekolah mengadakan hubungan kerjasama dengan pemerintah desa atau surat perjanjian kerjasama sekolah dengan polsek dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebagai legalitas bahwa kedua lembaga tersebut memiliki hubungan kerjasama dalam kegiatan tertentu dibuatlah dokumen Surat Perjanjian Kerjasama.
Untuk mendapatkan file surat perjanjian kerjasama sekolah dengan puskesmas Klik download  yang dapat disesuaikan dengan kondisi sekolah anda.

APLIKASI KOREKSI BAHASA INGGRIS


Barangkali berminat untuk memperingan tugas kita mengoreksi kegiatan ulangan  seperti PTS, PAS, PAT maupun UASBN berikut saya bagikan aplikasi koreksi bahasa inggris, matematika, IPS, IPA dan semua mata pelajaran yang ada dengan format exel yang bisa disesuaikan dengan kondisi sekolah anda untuk semua jenjang SD/MI,SMP/MTs, SMA/MA/SMK. silakan klik download saja untuk mendapatkannya. Semoga bermanfaat
jangan lupa tinggalkan komentar anda   

Friday, 4 October 2019

RPP MATEMATIKA KELAS XI K13 REVISI 2017

RPP MATEMATIKA SEMESTER GANJIL GENAP KELAS 11
bagi yang membutuhkan RPP Matematika kelas XI silakan download saja gratis
RPP 1 Download saja  di sini
RPP 2 Download saja di sini
RPP 3 Download saja di sini
RPP 4 Download saja di sini
RPP 5 Download saja di sini
RPP 6 Download saja di sini
RPP 7 Download saja di sini

Thursday, 3 October 2019

PRAKARYA KELAS 9


pada akhir tahun di sekolah saya untuk kelas 9 selalu mengadakan praktek sebagai implementasi dari kompetensi keterampilan siswa. ada beberapa mata pelajaran yang di uji praktekkan diantaranya adalah mata pelajaran Prakarya Kelas 9. harapannya siswa memiliki keterampilan untuk bekal nanti disaat sudah tidak lagi duduk dibangku sekolah dan juga Untuk melengkapi Administrasi guru pada setiap kegiatan agar dapat berjalan dengan lancar dan berhasil maksimal saya bagikan contoh proposal kegiatan Ujian Praktek Mapel Prakarya kelas 9 yang dapat anda unduh gratis dan diedit sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah anda. untuk mengunduhnya silakan klik di sini 

AYAT QAULIYAH DAN KAUNIYAH



Allah swt. tidak menampilkan wujud DzatNya Yang Maha Hebat di hadapan makhluk-makhlukNya secara langsung dan dapat dilihat seperti kita melihat sesama makhluk. Maka, segala sesuatu yang tampak dan dapat dilihat dengan mata kepala kita, pasti itu bukan tuhan. Allah menganjurkan kepada manusia untuk mengikuti Nabi Muhammad SAW supaya berpikir tentang makhluk-makhluk Allah. Jangan sekali-kali berpikir tentang Dzat Allah. Makhluk-makhluk yang menjadi tanda kebesaran dan keagungan Allah inilah yang disarankan di dalam banyak ayat Al-Qur’an agar menjadi bahan berpikir tentang kebesaran Allah. Inilah yang disebut dengan ayat Qauliyah dan Kauniyah. Penjabaran lebih jelas tentang ayat Qauliyah dan Kauniyah bisa anda download di sini


OBAT SAKIT GIGI ALAMI



obat sakit gigi alami




Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang obat alami untuk batuk, obat alami untuk demam, diare atau mencret, dan manfaat air tajin kali ini ane akan membahas tentang obat sakit gigi alami. baca sampai habis yah..
Berangkat dari pengalaman pribadi yang sering menderita sakit gigi. Memang derita sakit gigi sungguh luar biasa. Buat saya mending sakit hati daripada sakit gigi..hehehe..pasalnya kalo sakit gigi dibawa ngapa-ngapain susah dibawa teriak sakit dibawa diem senut-senut dibawa tiduran sama saja apalagi kalo lagi enak-enaknya tidur terus tiba-tiba kambuh..hadeeuhh menderitanya bukan main. Pernah saya alami waktu gigiku kambuh malem-malem hampir 5 jam nggak sembuh-sembuh pusing  banget rasanya. Sampai-sampai harus kumur pakai Bensin.. waw!! Luar binasa bukan?. Makanya punya gigi harus dirawat dengan baik biar ga sakit-sakitan kaya ane. Tapi dari sakit tersebut ane jadi punya banyak pengalaman mengetahui obat sakit gigi alami buat ngredain sakit gigi. Mau tau obat-obatnya? Simak terus jangan sampai berhenti bacanya yah.
Jika Anda sedang sakit gigi, solusi terbaiknya adalah segera berobat ke dokter gigi. Betul kan?? Tapi kan gigi kambuh itu ga punya jadwal. Bisa jadi saat malam-malam terus kondisinya hujan lagi.. kan bingung. Makanya sebagai alternatif awal kita cari obat sakit gigi alami paling ampuh dan mudah dibuat serta bahan-bahannya ada disekitar kita  yang bisa meredakan nyeri gigi. Kita mesti cari yang ada disekitar kita dulu. Apa aja sih obat sakit gigi yang bisa didapat disekitar kita? Yuk capcus simak saja langsung biar anda semua bacanya gak cape..hehehe
  1. Daun belimbing, merupakan obat sakit gigi alami ampuh caranya ambil dua helai daun blimbing buah yang masih muda kemudian beri sedikit garam dapur lalu bungkus garam dapur dengan daun belimbing letakan diantara gigi yang sakit atau ditengah-tengah antara gigi atas dan bawah sambil digigit Insyaaloh rasa nyeri sakit gigi reda.   
  2. Bawang Putih, caranya kunyah bawang putih mentah-mentah (rasanya memang luar biasa saat mengunyah bawang putih mentah nano-nano banget. tapi alhamdulillah nyeri sakit gigi reda juga 
  3. Getah dadap. getah dadap merupakan salah satu obat sakit gigi alami paling ampuh. caranya ambil daun dadap dengan tangkainya teteskan getah yang keluar dari tangkai pada kapas kemudian gigit kapas bercampur getah pas dilokasi gigi sakit insyaalloh sakit gigi mereda
  4. Getah Jarak, getah jarak gendolo merupakan obat sakit gigi alami cepat sembuh
    caranya sama dengan pengolahan daun dadap
  5. Garam dapur, waw beneran nich garam dapur termasuk obat sakit gigi alami ?? caranya : seduh 1 sendok teh garam dapur dengan air panas aduk rata lalu gunakan air seduhan tersebut untuk berkumur.
  6. Es batu, tempelkan dipipi bagian gigi yang sakit atau langsung ditempelkan ke gigi bisa juga dikunyah.
  7. Daun sirih. daun sirih merupakan salah satu obat sakit gigi alami ampuh selain dari enam jenis tersebut di atas. caranya ambil 2 lembar daun sirih.. seduh dengan air panas diamkan beberapa menit. gunakan untuk berkumur. atau anda bisa rebus daun sirih tersebut ambil airnya dan diminum 
  8. Cairan siput atau bekicot, ga percaya cairan siput itu obat sakit gigi alami cepat sembuh??? buktikan!! ambil siput lalu lukai atau lubangi bagian belakang maka akan keluar cairan bening, ambil kapas basahi dengan cairan tersebut. tempelkan pada gigi yang sakit 
  9. Minyak batok kelapa, minyak batok kelapa juga merupakan obat sakit gigi alami cepat sembuh caranya bakar batok kelapa hingga hangus siapkan minyak goreng satu sendok makan. letakan arang batok kelapa saat kondisi masing panas (ketika diletakan diminyak akan berbunyi cusss...dan berasap) gunakan kapas untuk mengoleskan pada gigi yang sakit. 
itulah sedikit berbagi pengalaman obat sakit gigi alami yang pernah ane konsumsi demi meredakan deritanya sakit gigi. semoga bermanfaat dan anda semua tidak seperti saya. Jangan lupa bagikan artikel ini agar banyak yang memperoleh manfaat.


Wednesday, 2 October 2019

OBAT BATUK ALAMI UNTUK BAYI


OBAT BATUK ALAMI UNTUK BAYI
Salam sehat gays...
pada artikel sebelumnya kita sudah membahasa manfaat dari air tajin sebagai penganti asi juga obat-obatan tradisional untuk si kecil agar tidak langsung mengonsumsi obat dari dokter atau bidan seperti obat obat diare, obat turun panas atau demam anak yaitu bawang merah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang obat batuk alami untuk bayi untuk sikecil yang terserang batuk.  
Rasanya gimana gitu kalo liat sikecil lagi terkena batuk, rasanya tersiksa banget apalagi kalo lagi tidur terus tiba-tiba batuk menyerang kan jadi kasian tidurnya ga pules. bingungnya kalo si kecil lagi batuk disuruh meludah? ya nggak bisalah namanya juga bocil. mau beli obat warung takut dosisnya terlalu tunggi. mau dibawa ke dokter ga punya duit terus jauh lagi, ga ada grab ataupun tukang ojek, bawa motor sendiri gak bisa. bingung dech jadinya. Upzz.!! jangan bingung dan jangan panik saya kasih ramuannya yah... ini asli berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai seorang bapak yang tidak kuat beli obat batuk di apotik ataupun priksa ke dokter..hehehe..akhirnya carilah alternatif lain obat batuk alami untuk bayi 1 bulan. Mau tahu resepnya? panthengin terus yah. Insyaalloh bermanfaat.
Kencur,,??? yah kencur ternyata menjadi obat batuk alami untuk bayi guna mengurangi batuk. caranya gimana?
Ambil satu buah kencur kira-kira panjangnya satu ruas jari orang dewasa kemudian parut dan peras untuk diambil airnya kemudian minumkan pada sikecil satu sendok teh perasan kencur. 3 kali sehari.
itulah obat batuk alami untuk bayi 1 bulan, 2 bulan - 1 tahun.
Insyaalloh batuk si kecil mereda.. selamat mencoba 

Tuesday, 1 October 2019

obat demam alami untuk anak

obat demam alami untuk anak

obat demam alami untuk anak

pada artikel yang lalu kita telah membahas tentang obat untuk diare yaitu kunyit selanjutnya akan saya bagikan tips membuat obat demam alami untuk anak yang terkena demam/ panas.
penyakit panas atau demam adalah penyakit yang kerap di alami oleh sikecil sehingga si kecil jadi rewel dan ga mau makan. untuk mengatasinya cukup mudah. ini berdasarkan pengalaman saya..sejak kecil anak saya jarang sekali mengonsumsi obat dokter atau bidan atau apotik tetapi saya selalu mencari alternatif  obat demam alami pada anak  yang bertujuan meminimalisir si kecil mengonsumsi obat-obat kimia. saya mencoba mencari tahu tentang obat demam anak alami. alhamdulillah saya dapatkan. mau tau resepnya? yuk simak di bawah ini
bahan
1-2 siung bawang merah yang tunggal dalam bahasa jawa disebut bawang lanang
3 tetes minyak telon
cara membuat
tumbuk bawang merah dengan batu/ kayu agar hancur jangan sampai telalu halus
campurkan minyak telon 3-5 tetes ratakan.
balurkan atau oleskan keseluruh tubuh si kecil termasuk ubun-ubunnya kecuali muka
ulangi beberapa kali. Insyaalloh suhu badan sikecil menurun.
kalo belum juga turun silakan bawa ke dokter atau bidan.
itulah obat demam alami untuk anak,  selamat mencoba