Thursday, 26 September 2019

CARA MEMBUAT BUBUR KERTAS UNTUK MEMBUAT KERAJINAN ATAU LUKISAN






BUBUR KERTAS
Bahan :
  1. Air secukupnya
  2. Kertas bekas secukupnya
  3. Tepung Kanji ( Aci Bodin) 2 ons berfungsi sebagai perekat
  4. Garam 1 sendok teh

Alat
  1. Perapian (Kompor/ tungku)
  2. Wajan/ Panci (untuk memasak)
  3. Sendok
  4. Ember/baskom

Cara membuat
  1. Siapkan kertas bekas, kertas tisu, kertas koran atau semua jenis kertas yang tidak ada tulisan alqur`annya. Robek atau gunting menjadi potongan-potongan kecil (lembut).
  2. Masukkan potongan kertas ke dalam wadah (baskom, ember atau wadah lain Kemudian siram dengan air hangat hingga kertas larut
  3. Beri 1 sendok teh garam dapur, garam berguna untuk menghindarkan kertas dari bau busuk.
  4. Diamkan selama 1 hari hingga menjadi lunak.
  5. Setelah kertas menjadi lunak dan hancur, remas sebentar dengan tangan lalu saring menggunakan kain dan peras setengah kering, Kemudian, masukkan kembali potongan kertas-kertas yang sudah diperas airnya ke dalam wadah dan remas-remas hingga hancur jangan lupa apabila perasan terlalu kering Tambahkan sedikit air ketika meremasnya
  6. Kemudian siapkan tepung kanji (aci bodin) larutkan dengan air secukupnya seperti ibu2 membuat adonan gorengan kentalnya segitu kira2 lalu adonan tepung kanji itu dimasukan ke wajan. Nyalakan kompor dan taruh wajan berisi adonan tepung kanji di atas kompor dengan api sedang dan campurkan bubur kertas kedalam wajan aduk hingga rata “PENTING” jangan sampai matang yah agar tepung kanji bisa rekat (nempel pada media) angkat dan tempatkan pada wadah yang sudah disediakan.
  7. Bubur kertas siap di gunakan untuk membuat berbagai kerajinan
  8. Untuk pewarnaan bubur kertas bisa secara langsung maupun ketika sudah menjadi kerajinan. Untuk pewarnaan langsung caranya tempatkan bubur kertas pada beberapa wadah, misal untuk warna merah sendiri, hijau sendiri, kuning juga sendiri. “ Selamat mencoba”


Reactions: